Mengatasi Crass Corel Draw A.R.M.



Entah sudah berapa kali dalam beberapa tahun nih, saat saya “bermain” dengan Corel Draw tiba2 terjadi crass / hang dan muncul pesan error corel ARM
Sangat menyebalkan, terutama jika dah lama nyetting desain dan belum tersimpan, uff dipastikan akan mulai pertama lagi kerjanya. Puncaknya beberapa hari kemarin mau desain stiker kecil Cuma ukuran 6 x 4 cm, baru beberapa type dan gambar dah crass, dan terpaksa tutup COrel Draw, Kejadian ini terulang beberapa kali. Akhirnya setelah coba cari2 di Google, dapat solusi terbanyak yg diposting kawan2, yaitu melalui Registry Editor (ALT + R atau START-> RUN dan ketik regedit dan tekan enter) dan langsung ke:
1. run regedit.
2. buka [HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\comdlg32]
3. kemudian modify NoFileMru dari 0×00000001 menjadi 0×00000000
done.
Uff, cara ini tak berhasil saya lakukan karena bingung modify nofilemru-nya.
Kemudian searching lagi dan ketemu cara kedua , lewat gpedit.msc :

Pertama jalankan run, kemudian ketik gpedit.msc. Kemudian pilih User Configuration, Administrative Templates, Windows Components, Windows Explorer, Common Open File.
Pastikan 'Hide The Dropdown List of Recent Files' terset ke Not Configured, agar menghentikan crass ARM. Lihat gambar ini :
Ternyata pada kompi saya settingannya dah betul, tapi kenapa koq masih crass pikir saya.
Kemudian saya coba klik “Disabled” dan ok, berhasil..alhamdulillah….
Saat itu juga saya lanjutkan “mainan” Corel Draw tadi dan tuntas sampai akhir tanpa crass lagi. Dan begitu juga sampai hari saya posting pengalaman ini (hari ke-5) masih tetap aman saat main-main dengan Corel Draw. Semoga begitu seterusnya, Insya Allah.

18 komentar:

  1. mkasih bnyak gan,,, ane coba dlu cra agan yg d atas,,,

    BalasHapus
  2. oke mantep gan.. berhasil..thx saran nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. senangnya bisa membantu, kalau ada cara lain silahkan di share buat alternatif

      Hapus
  3. Kok corel saya masih juga membuka salah satu file masih keluar arm walau sdh kujalankan perintah diatas gan...

    BalasHapus
  4. File yg belum ke save apa bisa dikembalikan gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. terkadang masih tersimpan di temporary, bisa dikembalikan lagi , coba di cek T
      C:\Users\USERNAME\AppData\Local\Temp

      Hapus
  5. Punya saya ttp ga bisa gan pake cara di atas... gimana ya ini?

    BalasHapus
  6. Bosss mohon saran ....saya bikin design di corel ..jelas sudah saya simpan ..tpi tiba2 listrik mati ketika nyala lagi file hilang... Kasih saran gan

    BalasHapus
  7. kudu misuh gan klu ud blank gtu hehe

    BalasHapus
  8. Ini laptopku kalau dibuat lihat daftar font di corel, langsung nge close sendiri corelnya, gimana gan?

    BalasHapus
  9. Gan saya selalu crash dan hang setelah save kedua kalinya itu solusinya gimana ya?

    BalasHapus
  10. dua dua nya gk ada di laptop saya....

    BalasHapus
  11. Tetap aj muncul corel ARM.. pdhal sdah pake cara diatas

    BalasHapus