Cara Install Driver IR 6570 setting Folio 2 side




Alhamdulillah …
Dan terimakasih banyak pada para master dan teman dari Group FB COPIER HELPER SOLUTION FORUM.

Setelah beberapa hari coba dan testing dengan beberapa driver, akhirnya berhasil install IR 6570 untuk hasilkan size Folio bolak-balik (2 side) .
Masalah muncul setelah computer saya install ulang dari win XP ke win 7. Sebelumnya saat XP emang dah bisa untuk print langsung dari komputer untuk IR 6570 dengan ukuran Folio bolak-balik, karena diinstal oleh teknisi, dan ruginya saya ndak perhatikan seksama cara instalnya.
Nah, setelah install win 7 nih baru terasa sulit dan tidak mudah (karena ndak tahu) untuk setting ukuran Folio 2 side, bahkan saran dan cara dari para master copier belum berhasil saat saya praktekkan.
Karena secara default, mulai ukuran A3, A4, A5, B4, B5, Letter, semuanya itu bisa otomatis bolak-balik sedangkan size Folio ndak ada pada settingan mesin, artinya harus ditambahkan sendiri. Itupun jika berhasil menambahkan size Folio, belum tentu bisa untuk bolak-balik.

Di sini coba saya tulis step by step berdasarkan pengalaman, untuk install IR 6570 dan setting size Folio / F4 bolak-balik (2 side printing) khususnya , ini saya tujukan terutama bagi teman2 yang belum bisa mandiri untuk menginstallnya :

Persyaratan :

1. Driver yang sesuai dengan OS komputer. Ini bisa di download di banyak situs canon atau driver gratis di google. Sesuaikan driver yang di download dengan OS komputer anda, misalnya win XP, vista , win 7, dll, perhatikan juga 32 atau 64 bit OS-nya, sebab kalo ndak cocok dipastikan akan gagal di awal (not compatible).
Kalo untuk win 7 32 bit coba link ini :
http://www.usa.canon.com/cusa/support/office/b_w_imagerunner_copiers/imagerunner_5050_5055_5065_5070_5075_5570_6570/imagerunner_6570#DriversAndSoftware

2. Kabel LAN, bukan USB.
Mengapa dipakai kabel LAN ? karena ini bermanfaat untuk 2 hal sekaligus, untuk printing dan aktifkan scanner IR. Sebab, kalo pakai kabel USB dipastikan scanner IR tidak bisa terkoneksi antara komputer dengan mesin IR (mungkin karena butuh koneksi system IP address segala, sedang pada kabel USB hanya plug and play)

3. Pastikan pada komputer ada port untuk kabel LAN, dan sekaligus sudah terinstall driver untuk mengaktifkannya. Karena pada pengalaman pertama dulu, di komputer saya ndak muncul “Local Area Connection” pada settingan “Network dan Internet”, karena ndak terinstall drivernya walaupun ada port / colokan.
Untuk drivernya coba cari kata kunci di google “Driver Realtek LAN” dan sesuaikan dengan type motherboard komputer dan OS. Dalam hal ini punya saya merk “ASUS”, sehingga saya cari kata “Driver Realtek LAN Asus win 7 32 bit”. Biasanya driver sudah ada di CD bawaan motherboard.
untuk ASUS coba di sini : http://www.asus.com/support/Download/1/45/7/2/uDzUcfrexKYGfAX8/30/
 Kalo dah terinstall, maka muncul icon local area connection.

Langkah – langkah Install Driver IR 6570 di WIN 7 :

1. Mengkoneksikan komputer dengan mesin IR 6570.
    sambungkan kabel LAN dengan mesin IR.

-  mengisi IP Address komputer.  
Klik “Start” – Control panel – Network and Internet – Network and sharing center – Change adapter setting.
Klik kanan “Local Area Connection” pilih properties – double klik “internet protocol version 4 (TCP/IPv4)
Klik “Use the following IP Address” dan isikan IP Adress :  192.168.1.6,     Subnet Mask : 255.255.255.0, yg dibawah lainnya dikosongin – OK.
 

 - mengisi IP Address mesin IR 6570.
Tekan tanda (*)sekali pada panel, trus System Setting – Network Setting – TCP/IP Setting – IP Address Setting.
Isilah IP Address dengan 192.168.1.5    Subnet Mask : 255.255.255.0 , trus done.

Perhatian :
IP Adress komputer pada Local Area Connection ( 192.168.1.6 ) TIDAK BOLEH SAMA dengan IP Address mesin IR (192.168.1.5 ), lihatlah angka terakhir pada kedua IP tersebut “5” dan “6”, harus beda, karena kalo IP-nya sama maka akan terjadi crash IP Address dan dipastikan mesin IR tidak akan terkoneksi dengan komputer. 
Jika langkah ini sudah dilakukan, maka perlu di test apakah sudah connect antara komputer dengan IR, caranya pda komputer klik “start” , pada “search program and file” ketik cmd sehingga muncul kotak command prompt.
Ketikkan IP Address mesin IR , yaitu  :
Ketik ;  ping 192.168.1.5 
jika muncul tulisan       replay from 192.168.1.5
                                    replay from 192.168.1.5
                                    replay from 192.168.1.5
maka usaha Anda berhasil, komputer sudah terkoneksi dengan mesin IR.

Jika keluar tulisan selain “replay from” maka koneksi gagal, dan anda harus cek n teliti langkah sebelumnya, terutama dalam pengisian IP Address di komputer dan mesin IR.


 2. Installing Driver IR 6570
    caranya :
Bagi yang sudah pernah install driver, harus menghapus / unistall driver di komputer sampai ke akar2-nya. Ndak cukup hilang icon printer aja, tapi cek di control panel – uninstall program, hapus juga driver PCl yg ada. Trus pergi ke “program file” drive C, cari folder canon yg ada hubungannya dengan driver lama , hapus juga. Cari juga folder PCl dan hapus juga.

Klik “Start” – Device and Printer – Klik kanan pada halaman dan pilih “Add Printer”
 – klik Add a local printer – create a new port – pilih Standart TCP/IP Port – ketikkan IP Adress mesin IR yaitu 192.168.1.5 , kosongkan ceklist pada kotak kecil dibawahnya “Query”. – next – custom – have disk – browse ( carilah letak driver anda di komputer, pilih driver PCl5e, bukan PCl6) – klik O.K. – carilah “Canon IR5570/IR6570 PCL5e” – OK. – proses install – selesai.

Jika berhasil akan muncul icon printer IR5570/IR6570 PCL5e


3. Setting Folio / F4 bolak-balik
Nah, proses ini yang saya coba puluhan kali baru berhasil kemarin.
Ini karena ndak sengaja pingin install driver IR 6570 di laptop Asus K43U  yg selama  ini hanya buat mainan anak saya. Eh, ternyata setelah di otak – atik , bisa untuk setting Folio bolak-balik, padahal sebelumnya dan puluhan kali gagal dengan beberapa driver download-an.
CATATAN : pastikan sebelum install ulang, hapus dulu dan uninstall driver yg lama mulai di control panel – uninstall program sampai folder2 canon dan PCl di drive C – Program file, jika masih tersisa kemungkinan bisa setting Folio bolak-balik akan gagal (seperti pengalaman saya).
Cara Settingnya :
- Klik Kanan icon printer IR , pilih “printer properties” / baris ke empat dari atas.
- Klik tab “Advanced” -  printing default – custom paper size,
- di “new name paper size” ketik nama Folio / F4 / FLSC, kemudian dibawahnya atur paper size with 215 mm, high 330 mm – klik “REGISTER” – O.K,
- di “page size” coba cari nama kertas folio yg baru di register tadi, jika di klik trus ndak ada notifikasi apa2 berarti telah berhasil setting Folio bolak-balik.
Jika keluar tanda seperti panah yg bawah (check list) maka anda telah berhasil seperti proses saya.
Jika tidak muncul, maka saat anda mau memilih paper size Folio saja pasti akan muncul notifikasi bahwa Folio ini tidak bisa double side. Coba ulangi cara di atas dengan teliti, atau mungkin ada cara lain dari master2 di forum.
Dan sengan cara ini, kita tidak perlu bokal-balik lari ke mesin untuk pilih paper size saat ngeprint.
Mudah2an manfaat ......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar