Nikmatnya Keanekaragaman Sholat Sunnah


https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRLdJWI1IqmbQyO6MMs5oHRIoAaMlUq3sOpdDOFxSzD78yNDhD_9w
 Allah tidak memberi izin kepada hamba seperti memberi izin untuk sholat.
 Juga seperti hadits, Abu Dzar mengatakan :
الصَّلاَةُ خَيْرُ مَوْضُوْعٍ اِسْتَكْثِرْ مِنْهَا أَوْ أَقِلَّ
"Sholat itu sebaik-baiknya apa yang diletakkan ( maka layak kita ambil )  atau sholat itu sebaik-baik apa yang disyariatkan  maka perbanyaklah atau sedikitkan."
Maka inilah Ramadhan waktu untuk memperbanyak macam - macam ibadah sholat. Kita lengkapi sholat sunnah mu'akad yang Nabi tidak pernah meninggalkannya , begitu juga sholat sunnah ghoiru mu'akad apalagi sholat sunnah mutlak. Lebih - lebih ibadah malam karena :

-       Ibadah malam merupakan keluhuran dan kemulyaan orang mu'min, sebagaimana hadits :
شَرَفُ الْمُؤْمِنِ قِيَامُ اللَّيْلِ
" Kemulyaan orang mu'min itu ibadah di waktu malam"
-       Ibadah malam merupakan gedung - gedung kebaikan, sebagaimana hadits :
اِنَّ رَكْعَتَيْنِ فِيْ جَوْفِ اللَّيْلِ كَنْزٌ مِنْ كُنُوْزِ الْبِرِّ
"Sesungguhnya dua rokaat diwaktu malam itu merupakan gedung dari gedung-gedung kebaikan"

Diantara macam-macam sholat sunnah :
1)     Solat Witir.
2)    Sholat Rowatib
Qobliyah
Ba'diyah
2 rokaat sebelum Subuh
-
4 / 2 rokaat sebelum Dzuhur
      4 / 2  rokaat setelah Dzuhur
4 / 2 rokaat sebelum Ashar.
-
2 rokaat sebelum Magrib
2 rokaat setelah Magrib
4 / 2  rokaat sebelum Isya'
4 / 2 rokaat setelah Isya'

3)    Sholat Tarawih 20 rokaat.
4)    Sholat Dhuha  : 2 / 4 / 6 / 8  Rokaat.
5)    Sholat Tahiyat Masjid.
6)    Sholat Sunnah Ba'da Wudhu'.
7)    Sholat Sunnah ketika hendak bepergian. Sholat Sunnah setelah pulang dari bepergian.
8)    Sholat Istikhoroh.
9)    Sholat Awwabin setelah Magrib :  2 / 4 / 6 rokaat / lebih.
10) Sholat Tasbih ( yang mempunyai keutamaan besar ).
Pada akhir hadits dikatakan : kalau bisa sholatlah setiap hari, kalau tidak bisa, sholat setiap jum'at, kalau tidak bisa, sholat setiap bulan, kalau tidak bisa, sholat setahun sekali, kalau tidak bisa, sholat seumur hidup sekali. Sampai Imam Subkhi mengatakan : Tidak mendengar keutamaan sholat  lantas meninggalkannya kecuali dia adalah orang yang meremehkan agama.
11)   Dua rokaat setelah adzan.
12)   Dua rokaat setelah pernikahan.
13)   Dua rokaat setelah keluar dari kamar mandi.
14)   Sholat bagi orang yang masuk desa yang tidak ada orang menyembah Allah.
15)   Sholat ketika kesusahan juga kebutuhan rizki atau meninggal kerabatnya (segala kesusahan), karena  diriwayatkan :
  أَنَّهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ اِذَا أَصَابَ أَهْلَ بَيْتِهِ ضِيْقٌ أَمَرَ هُمْ بِالصَّلاَةِ. وَتَلاَ :وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلاَةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا لاَنَسْأَلُكَ رِزْقًا نَحْنُ نَرْزُقُكَ.
"Jika keluarga Nabi terkena kesulitan rizki maka Nabi menyuruh mereka untuk sholat. Dan Nabi membaca ayat yang artinya : Perintahlah keluargamu untuk sholat dan bersabarlah padanya, Kami (Allah) tidak minta rizki kepadamu justru Kami (Allah) yang memberi rizki padamu" 
16)  Sholat karena telah melakukan dosa sekalipun dosa kecil. Setelah sholat membaca doa :
اللّهُمَّ اِنِّيْ أَتُوْبُ اِلَيْكَ مِنَ الذَّنْبِ .... (mengingat dosa-dosanya)
اللَّهُمَّ اِنَّ هَذَا آخِرُ الْعَهْدِ بِهِ.

17)   Dua rokaat agar kembali barang yang hilang. Dan setelah sholat membaca doa :
اَللَّهُمَّ رَادَّ الضَّالَةِ هَادِيَ الضَّلاَلِ تَهْدِى مِنَ الضَّلاَلِ رُدَّ عَلَيَّ ضَالَّتِيْ بِعِزَّتِكَ وَسُلْطَانِكَ فَاِنَّهَا مِنْ عَطَائِكَ

KETENTUAN SHOLAT WITIR

الْوِتْرُ حَقٌّ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ، فَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يُوْتِرَ بِخَمْسٍ فَلْيَفْعَلْ، أَوْ بِثَلاَثٍ فَلْيَفْعَلْ، أَوْ بِوَاحِدَةٍ فَلْيَفْعَلْ.  ( رواه أبو داود )
"Sholat Witir itu hak wajib untuk setiap muslim, maka orang yang senang sholat Witir 5 rokaat maka lakukan, atau ingin 3 rokaat maka lakukan, atau 1 rokaat maka lakukan."
Paling banyaknya sholat Witir 11 rokaat, paling sedikitnya 1 rokaat akan tetapi makruh dilakukan setiap hari hanya 1 rokaat, dan yang sederhana adalah 3 rokaat. Sholat Witir yang dilakukan akhir malam adalah paling utama bagi orang yang biasa bangun malam, kalau tidak bisa maka dilakukan setelah sholat Isya' .
Andaikan orang sholat Witir setelah sholat Isya' kemudian bangun malam maka boleh sholat Tahajud dua-dua, seperti sholat Hajat, sholat Taubat, sholat Tasbih atau sholat lainnya, tidak usah sholat Witir lagi 1 rokaat. Sebagaimana ungkapan  Syekh Muhammad Zuhry Al Ghomary di dalam kitab Umdatussalik wa 'Uddatunnasik :
وَاْلأَفْضَلُ تَقْدِيْمُهُ عَقِيْبَ سُنَّةِ الْعِشَاءِ اِلاَّ أَنْ يَكُوْنَ لَهُ تَهَجُّدٌ فَاْلأَفْضَلُ تَأْخِيْرُهُ لِيُوْتِرَ بَعْدَهُ، وَلَوْ أَوْتَرَ ثُمَّ أَرَادَ تَهَجُّدًا صَلَّى مَثْنىَ مَثْنَى وَلاَ يُعِيْدُهُ وَلاَ يَحْتَاجُ اِلَى نَقْضِهِ بِرَكْعَةٍ قَبْلَ التَّهَجُّدِ
Yang lebih utama mendahulukan sholat witir sebelum tidur setelah sholat Isya' kecuali kalau dia punya kebiasaan sholat Tahajud maka melakukan sholat Witir di  akhirkan setelah sholat Tahajud dan di akhiri dengan sholat Witir. Andaikan orang sudah sholat Witir kemudian dia ingin sholat Tahajud maka tidak apa-apa sholat apapun dua rokaat – dua rokaat, dan tidak boleh mengulang Witir serta tidak usah membatalkan witirnya (dengan cara sholat Witir 1 rokaat sebelum Tahajud )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar