Kewajiban Anak terhadap Orang Tua

KEWAJIBAN ANAK TERHADAP ORANG TUA
Berbakti kepada Ibu dan Bapak untuk keselamatan dan kebahagiaan 
dunia dan akhirat.

1) مَا مِنْ رَجُلٍ يَنْظُرُ إِلَى وَجْهِ وَالِدَيْهِ نَظَرَ رَحْمَةٍ كَتَبَ اللهُ لَهُ بِهَا حَجَّةً مَقْبُوْلَةً مَبْرُوْرَةً. (الحديث)
1. Setiap kali seorang anak memandang orang tua dengan pandangan kasih sayang maka pasti Allah menulis baginya pahala haji yang baik lagi diterima. (Hadits)

2) رِضَا اللهِ فِيْ رِضَا الْوَالِدَيْنِ وَسَخَطُ اللهِ فِيْ سَخَطِ الْوَالِدَيْنِ. (الحديث)

2. Keridhoan Allah kepada seseorang bersamaan dengan keridhoan orang tua kepada anaknya.  Begitu juga kemarahan Allah mengikuti kemarahan orang tua kepada anaknya . (Hadits)

3) بِرُّ الْوَالِدَيْنِ أَفْضَلُ مِنَ الصَّلاَةِ وَالصَّوْمِ وَالْحَجِّ وَالْعُمْرَةِ وَالْجِهَادِ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ. (الحديث)

3. Berbakti kepada orang tua itu adalah lebih utama dari ibadah sholat, shodaqoh, puasa, haji, umroh, dan perang di jalan Allah. (Hadits)

4) إِيَّاكُمْ وَعُقُوْقَ الْوَالِدَيْنِ فَإِنَّ رِيْحَ الْجَنَّةِ يُوْجَدُ مِنْ مَسِيْرَةِ أَلْفِ عَامٍ، وَاللهِ لاَ يَجِدُهَا عَاقٌّ وَلاَ قَاطِعُ رَحِمٍ. (الحديث)

4. Hati-hatilah kalian jangan sampai durhaka kepada orang tua, karena anak yang durhaka kepada orang tuanya tidak bisa mendapatkan bau surga padahal bau surga itu dapat dicium dari jarak perjalanan 1000 tahun. Dan begitu juga orang yang memotong famili tidak bisa mendapati bau surga.   (Hadits)

5) سَأَلَ رَجُلٌ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَارَسُوْلَ اللهِ هَلْ بَقِيَ عَلَيَّ مِنْ بِرِّ أَبَوَيَّ شَيْءٌ أَبِرُّ هُمَا بِهِ بَعْدَ وَفَاتِهِمَا، قَالَ نَعَمْ اَلصَّلاَةُ عَلَيْهِمَا وَاْلإِسْتِغْفَارُ لَهُمَا وَإِنْفَاذُ عَهْدِهِمَا وَإِكْرَامُ صَدِيْقِهِمَا وَصِلَةُ الرَّحِمِ الَّتِي لاَ تُوْصَلُ إِلاَّ بِهِمَا. (الحديث)

5. Bertanya seseorang kepada Rosulullah, Wahai Rosulullah apakah saya masih bisa berbakti kepada kedua orang tua saya sepeninggal mereka? Rosulullah menjawab : Ya bisa berbakti kepada orang tua setelah mereka meninggal dengan cara :
1. Mensholatinya (mendoakan orang tua)
2. Memintakan ampun untuk orang tua.
3. Menunaikan dan melaksanakan janji-janji atau wasiat atau nadzar orang tua.
4. Menghormati teman-teman orang tua.
5. Menyambung famili yang berkaitan dengan orang tua dari keluarga bapak dan ibu.

3 komentar:

  1. salamu'alaikum
    mau bertanya,seandainya ada anak minta izin tp yang Ridhoi itu masih salah satu dari kdua orang tuanya,itu bagaimana?sekalian minta izin copas ,terimakasih jawaban n ilmunya.....
    Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika masih lengkap kedua orangtua ayah dan ibu, raihlah ridho keduanya, jika masih satu yg ridho tunggulah yg satu lagi, apalagi masalah pernikahan, sangat..sangat dibutuhkan keridhoan orangtua berdua, sebab jika salah satu ndak ridho akan timbul masalah di kemudian hari, wallaahu a'lam

      Hapus
  2. Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang kewajiban anak terhadap orang tua berikut artikel yang terkait tersebut di KEWAJIBAN ANAK TERHADAP ORANG TUA HINDARI DURHAKA

    NB: Mohon tolong admin untuk di approve komentar saya ini bukan spam saya ketik sendiri komentarnya, kita saling membantu saja...kalau tidak ada dirugiakan apa salahnya saling membantu, untuk kepentingan Seo dan kepentingan pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang terkait terimakasih admin

    BalasHapus