Meraih Anugerah Allah Dalam Pernikahan



وَسَارِعُوْا إِلَى نَيْلِ مِنَّةِ الله
BERSEGERALAH MENCAPAI ANUGERAH ALLAH !

Setiap manusia mengiginkan kenikmatan hidup. Tidak ada kenikmatan yang Allah tentukan pasti melalui pertemuan laki-laki perempuan. Meskipun sudah mencapai pangkat serta kekayaan, tetapi segalanya belum merasa senang kecuali dengan anugerah pernikahan. Maka ada ungkapan :
اِمْتِنَانُ اللهِ عَلَى الْعِبَادِ بِالزُّوَاجِ  
"Anugerah Allah pada hamba dengan pernikahan."
Pernikahan itu keinginan manusia yang mulia. Kalau ada orang kurang senang berarti kurang kesempurnaan jiwanya. Maka layaklah pemuda punya niat yang segera untuk mendapatkan anugerah ini.

Pernikahan merupakan anugerah Allah dilihat dari beberapa segi :
1)   Semua jiwa menginginkan ketenangan. Hal ini tidak bisa tercapai kecuali pasti dengan pernikahan. Sebagaimana pernyataan Allah dalam Al-Quran:
أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوْا إِلَيْهَا
"(Dan termasuk tanda kekuasaan Allah, Allah membuat) pasangan istri-istri yang kalian merasa tenang dengannya."
Sampai-sampai Nabi Adam AS. yang berada di tempat kenikmatan (Surga) masih belum tenang sebelum diberi pasangan yaitu Siti Hawa. Wahai pemuda meskipun kalian hidup di dunia bersegeralah meraih kenikmatan Allah, kalau tidak nikah pasti nafsu busuk dan setan yang terlaknat akan menguasai kalian.

2)   Pernikahan merupakan pengikat kecintaan serta kasih sayang.
Sebagaimana pemberitahuan Allah dalam Al-Quran :
وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً
"Dan Allah menjadikan antara kalian (suami istri) rasa cinta yang membara
serta kasih sayang."
Maka layaklah wahai pemuda segera mencapai hal yang mulia ini, kalau tidak pasti kalian akan mengambil rasa cinta yang keliru dan penyebab laknat, yang tidak ada jalan penutup bahaya ini kecuali dengan pernikahan, sehingga barisan setan susah dan gelisah kalau ada lelaki perempuan mengadakan pernikahan dengan baik, karena jalan penyesatan sudah tertutup.
3)   Pernikahan lahan besar di akhirat.
Sebagaimana dalam arti hadits bahwa orang yang nikah meningkat pahala sholatnya menjadi 82x rokaat : "Dua rokaat orang yang sudah nikah lebih baik 82x rokaat dari orang bujangan." Wahai pemuda yang mengiginkan pangkat akhirat ambillah pangkat yang mulia dengan cara menikah.
4)   Macam-macam perintah ibadah dan larangan banyak sekali mulai bab ibadah, bab muamalah serta bab munakahah dll.
Alhamdulillah begitu banyak perintah agama, bisa sempurna setengahnya itu dengan cara nikah, hal itu menunjukkan bahwa nikah sebagai pembuka ibadah dan penutup bahaya.  Seperti arti Hadits Nabi :
"Jika seorang lelaki nikah maka sempurnalah setengah agamanya."
Wahai pemuda yang ahli ibadah jika kalian ingin beban agama sempurna setengahnya maka hendaklah segera menikah, sehingga tinggal setengah lainnya.
5)   Orang yang tidak nikah karena takut fakir dialah orang yang menghilangkan anugerah Allah, sebagaimana wejangan Nabi yang ahli bijaksana yaitu arti hadistnya:
"Barang siapa  tidak nikah karena takut fakir maka bukan golongan kami, dan Allah menyerahkan dua malaikat yang menulis diantara dua matanya : orang yang tidak nikah ini adalah orang yang menyia-nyiakan anugerah Allah."
Wahai saudara muda jangan sampai punya pikiran untuk meremehkan anugerah Allah dengan cara tidak nikah karena takut fakir. Bahkan di ucapkan kepada orang yang belum nikah: “Silahkan pilih rizki yang sedikit”.  Ingatlah Allah akan memudahkan jalan rizki, dan jangan sampai  menduga jelek.
6)   Pernikahan sebagai jalan meraih sebaik-baik kenikmatan dunia yaitu dengan cara menikah perempuan sholihah. Sebagaimana arti Hadits  :"Dunia itu sesuatu yang dinikmati dan sebaik-baiknya hal yang dinikmati adalah perempuan sholihah (yaitu perempuan yang membantu suami untuk akhiratnya).
Wahai pemuda segeralah meraih kenikmatan dunia yaitu dengan cara menikah dengan perempuan sholihah. Ini semua perlu kepada manusia yang di idolakan, padahal sebaik-baik  dan seutama-utama manusia pilihan Allah adalah para Nabi terlebih lagi Nabi Muhammad SAW. Dan semua Nabi itu mengadakan pernikahan serta diberi keturunan.
Sebagaimana firman Allah  :
وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلاً مِنْ قَبْلِكَ وَجَعَلْنَا لَهُمْ أَزْوَاجًا وَذُرِّيَّةً
"Dan sungguh kami telah mengutus para Rosul sebelum engkau (Nabi Muhammad) mereka punya beberapa istri dan keturunan".

Bahkan disebutkan dalam hadits shohih yang artinya :"Empat perkara termasuk sunah (kelakuan para Rosul) :    1. Jiwa malu                       
2. Pakai minyak wangi   
3. Menggunakan siwak     
4. Mengadakan pernikahan.

Bahkan para sahabat Nabi RA , tabi'in, ulama' dan auliya' mereka senang melakukan pernikahan, sampai Sahabat Abdullah bin Abbas RA mengatakan yang atinya :"Nikahlah kalian karena sungguh sehari bersama pernikahan lebih baik dari ibadah 1000 tahun."
Bahkan Sahabat Abdullah bin Mas'ud RA beliau terkena wabah penyakit, sekalipun demikian beliau mengatakan: Nikahkan saya karena saya tak senang bertemu Allah dalam keadaan bujangan. Ada lagi ungkapan bahwa orang tidak nikah itu dituduh bahwa dia adalah orang yang terkena penyakit atau terkena kefasikan. Maka wahai pemuda selama tidak terkena penyakit bersegeralah menikah supaya tidak menjadi orang fasik, dll.


Pernikahan itu punya beberapa faedah diantaranya :
-Pertama  :
إِبْقَاءُ النَّسْلِ   (Mengabadikan Keturunan). Ini merupakan tujuan yang termulia
dari pernikahan bahkan merupakan niat tujuan para Nabi.
Ulama' dan para Wali melakukan pernikahan yaitu untuk mendapatkan keturunan. Hal ini ditunjukkan oleh ayat Al-Quran :
وَالَّذِيْنَ يُقُوْلُوْنَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ إِمَامًا
"Dan orang-orang yang selalu mengatakan Ya Allah Tuhan Kami anugerahi kami istri-istri dan anak keturunan yang sebagai penenang mata serta jadikan kami pimpinan orang yang taqwa."
Maka inilah hikmah Allah membuat syahwat agar digunakan meraih hadiah  mahal yaitu seorang anak yang bisa terus menerus sampai hari kiamat dan pahalanya juga diberikan kepada orang tuanya. Oleh karena itu sayang seribu sayang orang yang  kurang mau meraih anak sholeh yang akan mendoakan orang tuanya.

 -Kedua :  
 التَّحَصُّنُ (Nikah sebagai benteng godaan setan)
Disebabkan jika syahwat sudah memuncak maka akal, ilmu, begitu juga agama tidak mampu untuk mengatasinya kecuali hanya  dengan pernikahan. Bahkan melihat perempuan serta  syahwat juga merupakan senjata Iblis yang digunakan memburu orang laki-laki dan perempuan yang belum nikah. Maka layak laki-laki dan perempuan jangan menjadi alat pemburu setan, hingga Nabi bersabda yang arti haditsnya :
"Saya tidak meninggalkan setelahku fitnah yang paling berbahaya buat orang laki-laki dari fitnah perempuan." (HR Imam Muslim)

Maka hendaklah  laki-laki dan perempuan takut dengan penjelasan Nabi tentang fitnah yang paling bahaya. Karena itu benarlah kehancuran anak muda (pelajar) sebab bahayanya setan. Maka layaklah laki-laki dan perempuan yang belum nikah menjauhi fitnah ini dikarenakan kalau bensin bertemu api pasti terbakar. Begitu juga antara laki-laki campur dengan  perempuan pasti akan hancur.  Wahai saudara-saudari hati-hati terhadap perzinaan yang bisa menyebabkan kehancuran  pelakunya, membuat hina orang tua, anak keturunanya serta di akhirat sengsara selamanya hanya sebab kelakuan  beberapa menit saja. Hal itu disebabkan:
1.    Karena musuh kita adalah setan, yang kita tidak bisa melihat,  mereka berusaha mati-matian siang dan malam untuk menghancurkan kemulyaan laki-laki dan perempuan dengan cara berzina.
2.    Karena pendidikan yang tidak membantu keselamatan apalagi bebas campur laki-laki dan perempuan.
3.    Kurangnya ; rasa malu, rasa takut serta kurangnya rasa ingin selamat dan kebahagiaan.

Allah melarang zina dengan menggunakan kata jangan mendekati perzinaan kata-kata yang sangat mantab, kalau Allah melarang dengan jangan mendekati berarti begitu beratnya, karena Allah lebih tahu bahayanya , jika orang dekat maka pasti akan melakukannya. Maka puncak nasehat : Wahai orang mulya kalau anda mau melakukan nasehat Allah maka tinggalkan, tetapi jika sabar menghadapi kehinaan dan kehancuran dunia akhirat terserah pilihan anda.  Sehingga Nabi memberi wejangan kepada orang yang ingin selamat, arti haditsnya :
 "Memandang perempuan itu adalah panah dari panah-panah Iblis, barang siapa tidak melihat karena takut kepad-Ku (Allah) maka Aku ganti dengan keimanan yang dia dapati kemanisannya di dalam hati."

Maka layaklah laki-laki yang sudah menikah disaat melihat perempuan lain kemudian syahwat segera mendatangi istrinya untuk menghilangkan syahwatnya yang membara. Begitu juga istri hendaknya membantu suami yang timbul syahwatnya biarpun dia ditengah kesibukan.

-Ketiga  :  تَرْوِيْحُ النَّفْسِ     (Menyenangkan Nafsu dengan yang halal) .
Diantaranya adalah bersenang-senang dengan istri, duduk bersama, bercanda, melihat, menggembirakan hati, memperkokoh hati untuk taat ibadah dll.

-Keempat تَفْرِيْغُ الْقَلْبِ مِنْ شُؤُوْنِ تَدْبِيْرِ الْمَنْزِلِ :
(Mengosongkan Hati Dari Pengaturan Rumah) .
Disebabkan laki-laki kalau sudah nikah banyak beribadah maka mendapat bantuan istri dari memasak, mengatur rumah, mencuci pakaian dirinya dll.

-Kelima  :  مُجَاهَدَةُ النَّفْسِ  (Melawan Nafsu). Karena berhadapan dengan watak istri yang kurang sabar maka disitulah usaha suami untuk memperbaikinya serta mendidik ahlaknya dan sabar atas kekurangannya, sehingga kejadian apa saja yang menimpa suami istri itu adalah pangkat, adakalanya sabar dan terkadang syukur.



HIKAYAT DAN NASEHAT
1. Neraka Jahanam itu mempunyai 7 pintu, pintu yang paling berat kesusahannya, panasnya, kesulitannya, dan paling tidak enak baunya diperuntukkan para penzina yang dia tahu hukumnya. Dan masih banyak lagi bahaya perzinaan yang tidak ada bandingannya dengan kenikmatan dunia. Maka sungguh layak pemuda menjauhi dari bahaya yang menakutkan di akhirat.
2. Diriwayatkan ada orang yang ahli ibadah sikapnya bagus terhadap istrinya sampai istrinya meninggal, kemudian ditawari nikah lagi dia tak mau, katanya sendiri lebih lebih enak hatinya , lantas setelah Jumat dari kewafatan istrinya dia melihat dalam tidurnya bahwa pintu langit terbuka maka turun malaikat dan berjalan di hawa bergantian, setiap lewat satu mengatakan pada orang yang tidak mau menikah lagi: Ini orang yang sial begitu seterusnya, kepada malaikat yang terakhir dia bertanya: Siapa yang sial? Dijawab: Ya engkau ini orang yang sial. Mengapa saya sial . Mengatakan : Kita ini para malaikat, di masa engkau punya istri kami mengangkat amalmu dikelompok orang-orang yang mujahidin di jalan Allah, akan tetapi semenjak Jumat sejak istrimu meninggal kami disuruh meletakkan amalmu beserta orang-orang ketinggalan yang tidak ada perjuangan. Maka setelah bangun yang asalnya tidak mau nikah kemudian langsung menikah lagi karena melihat pangkatnya orang yang nikah. Begitulah pangkat orang yang melakukan sunah Nabi baik payah atau enaknya merupakan pangkat di alam dunia, alam malaikat dan akhirat. Ini untuk orang yang sudah nikah dianjurkan untuk nikah apalagi pemuda yang belum nikah. Mudah-mudahan kita diberi keselamatan. Lebih-lebih untuk para petugas pernikahan mudah-mudahan mendapat pahala yang besar dengan cara memudahkan proses pernikahan demi selamatnya putra-putri Indonesia. Sehingga bisa segera menampakkan sunah Nabi SAW. Amin Ya Robbal 'Alamin.  

Diambil dari kitab Azzawajul Islami Almubakir,  Qurrotul 'Uyun dan kitab Al Kabaair.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar