Solusi Error ink low T13x chipless



Kejadiannya saat ane mau beli printer Epson T13x, pertama tujuannya tuk hemat cartrid (maklum dah agak capek ngurus 2 printer canon yg sering KO cartridnya.
Beberapa hari searcing akhirnya ktemu jenis Epson T13x yg sudah di modif tanpa chip (chipless). Katanya sih, nih printer tak perlu reset selamanya, dan tiinta previewnya dijamin full terus (kayak canon). So, gak sering2 ngurusi “ink low” kayak pada Epson C90 koleksi lama dulu, dan yang pasti ngeprint ndak bakalan macet di tengah perjalanan.
Pemakaian emang jarang tuk printer ini, karena titntanya ane pakai yg sublim / minyak, dan fokus untuk buat ID Card aja. Sedangkan printing dokument tetap dipercayakan pada duet Canon IP 1980 dan 2770, tak lain karena kecepatan printingnya.
Dah punya printer Epson T13x nih lebih 6 bulan dan ndak ada problem berarti, paling cuma hasil print bergaris atau tinta kering sehingga ndak keluar, dan ini selalu bisa ane atasi, dengan menyedot cartridnya dg suntikan, alhamdulillah.
Masalah timbul akhir2 ini muncul preview Ink Low untuk warna hitam, tapi print tetap bisa jalan normal. Dan akhirnya waktu ada order ID Card minta cepet, saat mau pakai nih printer ngatot alias ngadat total. Buat print ga bisa, buat cleaning ga bisa, lampu hijau dan merah nyala teruuss.
Akhirnya setelah searching beberapa jam dan coba beberapa cara, ketemu juga satu cara untuk atasi
“INL LOW ERROR EPSON T13X CHIPLESS”
di alamat ini http://dtg-shop.com
Berikut langkah-langkahnya:
1. Download aplikasi resetter EpsonT13, banyak koq di Google dan cuma 1Mb kurang
2. Extract kemudian klik AdjProg.exe
3. Pilih Accept, sesuaikan Model dengan tipe printer. Kklik tombol Select pilih Model Name: Epson Stylus T13, Destination: ESP, dan Port: Auto Selection lalu klik OK
4. Pilih Particular adjustment mode
5. Pilih Initial setting lalu OK
6. Cek (pilih) Initial setting (+ ISI SERIAL No PRINTER ANDA, buka penutup atas printer) dan  klik Perform. tunggu sampai selesai kemudian Power off printer.
Power on printer dan Ink level telah ter-reset

TERNYATA GAGAL !!!  muncul error code
Akhirnya mikir2 lagi dan searching lagi muter2, kenapa koq gagal padahal prosesnya tinggal sedikit lagi.
COBA-COBA !!!
Sebelum lakukan proses pakai resetter,( saat lampu merah dan hijau nyala terus), tekan tombol reset /lampu merah 1x, sehingga rumah cartrid geser agak ke tengah dan lampunya jadi kedap-kedip. Setelah itu ane coba jalankan proses semua di atas mulai awal sampai akhir,
‘’ BERHASIL ‘’ alhamdulillah
Ink low error dah hilang dan semua preview tinta balik 100 %.
Untuk lihat status printer klik di pojok kiri bawah program resetter.
Mudah-mudahan manfaat !!!


3 komentar:

  1. alhamdulillah,,.. makasih gan tipsnyaa,,.. printer ane ok lagi ngikuti cara2 ente,..

    BalasHapus